Penerapan Kerangka Kerja DQ Framework untuk Meningkatkan Kompetensi Kewarganegaraan Digital

Authors

  • Putri Handayani Lubis Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Azka Nur Hafizha Salwa Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Hikmah Nurfadhilah Institut Agama Islam Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.47134/comdev.v6i1.1468

Keywords:

Kewarganegaraan digital, Digital Intelligence Framework, Literasi digital, Keamanan informasi, jurnal, masyarakat, pengabdian

Abstract

Peningkatan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam kehidupan sehari-hari membawa dampak signifikan terhadap masyarakat, terutama di kalangan generasi muda. Namun, tantangan terkait pemahaman dan penerapan kewarganegaraan digital semakin mendesak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kewarganegaraan digital peserta didik di Singkawang melalui penerapan Digital Intelligence (DQ) Framework. Metode yang digunakan adalah service learning, yang mengintegrasikan pembelajaran teori dengan aplikasi praktis. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta didik mengenai etika digital, keamanan informasi, dan literasi media. Skor rata-rata pre-test peserta didik adalah 77,85% (kategori cukup), sedangkan post-test meningkat menjadi 90,97% (kategori sangat baik). Temuan ini mengonfirmasi bahwa penerapan DQ Framework efektif dalam membentuk kewarganegaraan digital yang bertanggung jawab. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya integrasi literasi digital dalam kurikulum pendidikan untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan di dunia digital yang semakin kompleks

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, S. G., & Najicha, F. U. (2024). Membangun Keadaban Digital Warganet Indonesia Dalam Perspektif Kewarganegaraan Digital. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 13(2), 79–85. https://doi.org/10.33061/jgz.v13i2.10031

Feriyansyah, F. (2016). WARGA NEGARA DIGITAL SEBAGAI INSTRUMEN WARGA NEGARA GLOBAL (Penelitian Grounded Theory tentang Dampak Kemajuan TIK terhadap Praktik Kewarganegaraan). JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 24(1). https://doi.org/10.17509/jpis.v24i1.1606

Hariyadi, S., Saleh, M., Universitas Sembilan Belas November, & universitas halu oleo. (2022). Membangun Kecakapan Literasi Digital Citizenship Melalui Model Information Comunication Technology (ICT) Learning. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 7–14. https://doi.org/10.24269/jpk.v7.n2.2022.pp7-14

HIdayah, Y., Nufikha Ulfah, & Meiwatizal Trihastuti. (2023). Memperkuat Integrasi Nasional Di Era Digital: Penguatan Resolusi Konflik Di Era Digital Sebagai Perwujudan Warga Negara Yang Baik. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 2(2), 105–115. https://doi.org/10.33830/antroposen.v2i2.5483

Iwan, I. (2023). Kompetensi Abad 21 Menuju Tahun Emas 2045. Widyadewata, 6(2), 148–157. https://doi.org/10.47655/widyadewata.v6i2.134

Khairunisa, W., Febrian, A., Sundawa, D., & Rahmat, R. (2024). Membangun Keadaban Digitalisasi Warga Negara Indonesia dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(01), 1–8. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.675

Prasetiyo, W. H., Naidu, N. B. M., Tan, B. P., & Sumardjoko, B. (2021). Digital citizenship trend in educational sphere: A systematic review. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(4), 1192. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i4.21767

Rachmatullah, N., & Purwani, F. (2022). Analisis Pentingnya Digitalisasi & Infrastruktur Teknologi Informasi Dalam Institusi Pemerintahan: E-Government. JURNAL FASILKOM, 12(1), 14–19. https://doi.org/10.37859/jf.v12i1.3512

Rahyudidwiputra, M. Yunasri Ridhoh, Fatimatuz Zahrah, & Ilham Samudra Sanur. (2024). Kontribusi Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Resolusi Konflik Beragama di Ruang Digital. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 3(1), 47–58. https://doi.org/10.33830/antroposen.v3i1.5693

Saeed, M., & Ahmed, I. (2021). An analytical review on rethinking service-learning as critical transformative paradigm in higher education. Journal of Humanities, Social and Management Sciences (JHSMS), 2(2), 318–334. https://doi.org/10.47264/idea.jhsms/2.2.23

Selmo, L. (2015). The Narrative Approach in Service-Learning Methodology: A Case Study. International Journal of Research on Service-Learning and Community Engagement, 3(1). https://doi.org/10.37333/001c.21566

Susanto, E., & Budimansyah, D. (2022). Membangun keadaban digital warganet Indonesia dalam perspektif kewarganegaraan digital. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 18. https://doi.org/10.12928/citizenship.v5i1.23347

Susanto, E., Budimansyah, D., Komalasari, K., & Masyitoh, I. S. (2024). Pendidikan Kewarganegaraan Digital: Upaya Meningkatkan Keadaban Digital pada Warga Negara Muda Indonesia. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(2). https://doi.org/10.21067/jmk.v9i2.10337

Syed, R., Eden, R., Makasi, T., Chukwudi, I., Mamudu, A., Kamalpour, M., Kapugama Geeganage, D., Sadeghianasl, S., Leemans, S. J. J., Goel, K., Andrews, R., Wynn, M. T., Ter Hofstede, A., & Myers, T. (2023). Digital Health Data Quality Issues: Systematic Review. Journal of Medical Internet Research, 25, e42615. https://doi.org/10.2196/42615

Thompson, M., Bodner, G., & Oakes, W. (2005). A Qualitative Investigation Of A First Year Engineering Service learning Program. 2005 Annual Conference Proceedings, 10.77.1-10.77.16. https://doi.org/10.18260/1-2--15064

Downloads

Published

06/20/2025

How to Cite

Lubis, P. H., Hafizha Salwa, A. N., & Nurfadhilah, H. (2025). Penerapan Kerangka Kerja DQ Framework untuk Meningkatkan Kompetensi Kewarganegaraan Digital. Journal of Community Development, 6(1), 139–157. https://doi.org/10.47134/comdev.v6i1.1468

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.